9.23.2008

Tokoh Politik Melek TI

. 9.23.2008

Pernah kita mendengar kabar berita yang menyebutkan perillaku pejabat negara yang doyan Teknologi Informasi (TI), tapi tidak melek TI. Negara harus mengeluarkan banyak uang untuk membiayai notebook/laptop mereka yang seharga lebih dari laptop mahasiswa TI. padahal, laptop tersebut digunakan tidakn untuk kepentingan yang berat. Bahkan mungkin saja hanya digunakan untuk nge-game doang

Biaya pembuatan website yang hampir mancapai satu milyar rupiahduit. Padahal, biaya pembuatan mungkin hanya sekitar puluhan juta. Biaya hosting domainpun hanya 70000 rupiah per bulan, itupun masih banyak yang lebih murah. pantaskan pejabat yang gaptek diberi fasilitas hitech?Padahal pekerjaan mereka sehari-hari adalahminum dan ngantuk. Silahkan kirim komentar pada artikel ini.

Namun, sifat-sifat yang ada di atas tidak berlaku pada Hidayat Nurwahid. Ketua MPR RI ini memilih mempromosikan dirinya melalui situs pertemanan yang lagi ngetrend di Indonesia ini, friendster. Bagi sobat yang ingin menjadi teman beliau, silahkan kunjungi profile FSnya di sini. Ketua MPR (sewaktu artikel ini dibuat) yang menjadi anggota FS sejak tahun 2006 ini sekarang telah memiliki sekitar 1600 teman online.

Tidak hanya aktif di friendster, beliau juga menyempatkan diri menulis artikel yang berhubungan dirinya di blog. Apa sobat tidak malu ketinggalan TI dengan beliau. Jika berminat silahkan kunjungi blognya di http://hidayatnurwahid.blogdetik.com. Kegiatan onlinenya ini secara tidak langsung membuat dirinya dikenal oleh masyarakat online Indonesia. Terlebih lagi FSnya yang kemungkinan juga dapat menarik miinat pengguna FS untuk memilih dirinya (jika maju dalam pilpres). Secara awam saya menilai blognya lebih bagus daripada website resminya. Mungkin agar tidak dianggap membuang uang.

Senada dengan Bapak Hidayat Nurwahid(HNW), orang Makassar yang secara blak-blakan mencalonkan diri sebagai presiden ini juga memiliki akun di beberapa situs pribadi. Tokoh yang satu ini terkenal karena iklannya yang sering muncul di TV. Rizal Mallarangeng memanfaatkan internet sebagai media kampanyenya. Berbeda dengan situs resmi Hidayat Nurwahid, situs yang ia miliki lebih sedap dipandang. Mungkin karena beliau bukan pejabat negara, jadi tidak perlu takut dianggap korupsi. Jika kita mengunjungi situsnya, kita akan menemui banyak alamat maya dirinya, seperti blogspot, facebook, friendster, dll.

Berbeda dengan HNW, adik Andi Alfian Mallarangeng ini lebih memfokuskan situs pertemana facebook daripada friendster. Hal ini dapat dilihat dari seberapa lama dia berkecimpung pada kedua situs ini dan banyak teman yang didapatkan. Capres yang memiliki logo RM'09 ini meniru gaya kampanye dari capres Barrack Obama di AS.

Bagaimanapun juga internet adalah salah satu media yang paling tepat untuk memperkenalkan diri pada masyarakat luas. Jadi, mari kita mensosialisasikan diri dengan internet, seperti membuat blog.

Waduh jam hampir menunjukkan waktu berbuka puasa, sudahan dulu ya....



4 comments:

Anonymous said...

emang bener...bnyk pejabat yg gaptek,tp ada jg trnyt yg hitek

DuDuGi said...

Ya begitulah kenyataan pejabat kita. Ingin fasilitas nomor 1, tapi sumbangsih pada negara nomor 1000. Maunya dapet gaji tanpa kerja. Padahal di mana-mana makin gede fasilitas dan gaju, pasti tuntutan dan tanggung jawab dituntut makin besar juga.
Bisnis apa yang paling menguntungkan di Indonesia? Jawabnya: Binis Pejabat.

Unknown said...

Sebagai orang yang beragama dan pandai qta tidak boleh menuding mereka sebelum punya bukti. Itu kelemahan masyarakat juga yang gak bisa kontrol ama mereka.

Jangan berprasangka buruk. Mungkin 1 milyar untuk program web itukan berarti program webnya gak main2. Mungkin sistemnya canggih mah securitynya high. kan enak kalo tinggal tekan enter udah punya informasi tentang pejabat n institusi serta aturan2 negara atau laporan2 negara semakin jelas dan terdefinisi.

Kita sebagai masyarakat tuh yang harus memikirkan bagaimana mengontrol dan kritis secara positif memberikan sumbangsih kepada mereka. ingat Amerika tuh maju karena sumbangsih masyarakatnya dan kontrol masyarakat yang kuat. :>

Anonymous said...

@railky-->boleh jg komentarx,tp pendapatq sama dgn beberapa dosenq dr PTS komputer terpopuler di jatim...fasilitas tinggi tp manfaatx rendah...

bayangin kalo pejabat seharusx studi banding malah cari di google???

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih telah sudi membaca artikel ini. Penulis memohon kesediaan sobat untuk mengisi kotak komentar.

 
friendster-etutorial.blogspot.com is proudly powered by | Template by o-om.com